Sabtu, 31 Juli 2010

belajar memasak part one

entah kenapa tiga hari belakangan ini aku lagi gencar"nya menjalankan gerakan memasak??what masak??engga ichi banget!!!
HAHAHHA
aku juga engga tau kenapa tiba" setelah usia menginjak dua tujuh baru menemukan resolusi untuk "harus pintar memasak" mungkin karena malu juga setiap temen" tau aku itu orang Minang dan dikomentarin.. "duh pintar masak dunk' padahalll
engga banget............ ;D

Dan jadilah pada hari kamis yang lalu, aku memulai petualangan memasak pertama dengan berbelanja ke pasar.. beli :

1. Ikan Tongkol
2. Sayur kangkung
3. Cabe + bawang
4. Minyak goreng
5. Royco

Nah masalah pertama adalah, aku mau masak Ikan sambal tapi tidak tau cara membersihkan ikan :( [tukang ikannya tidak mau membersihkan krn sbuk] jdilah itu ikan aku sembelih seadanya, plus aku potong jadi dua..trus setelah dibersihkan aku kasih garam dan jeruk purut hhe [ini pun setelah mengingat" cara mama memasak di kampung] dan voillaa... si ikan malang siap untuk digoreng..

Dengan sangat percaya diri ala koki", aku memanaskan minyak dan siap untuk melakukan pennyiksaan pada ikannya. beberapa potongannya aku masukkan dan hayaa... si ikan meronta", dan percikan minyak panasnya muncrat kemana"...

setelah ikan berubah warna trus aku balikin dunk sisi yang sebelahnya..wew ternyata pas aku balikin gitu, eh si ikannya kena" sendok gorengnya..hancur deh :( tapi tak apa..untuk pemula itu hal biasa.. [berusaha menenangkan hati]

pas di giliran menggoreng kepala ikan.. aku merasa ada yg aneh aja.. kok pas dipandang"in ikannya di dalam wajan goreng, engga seperti ikan" masakan mama, atau yg dijual di warung" makan gitu..apa yang aneh ya..

DAN TERNYATA..........

=AKU LUPA MOTONG MULUTNYA=

pantas aja tuh si ikan manyun aja pas digoreng hahhaa..ngaruh gak sih itu??ahh gk taulah yg penting mah bagian dalamnya aku bersihin..hihii...
*mata si ikan juga melotot banget pas digoreng... takut :(

finnally aku sudahi juga acara pembataian si ikan tinggal nyiapin sambal, klu sambal nya sih gampang..sering bantuin mama masak juga dulu soalnya..
*pengalaman bikin sambal pertama ku..itu cabe yg udh digoreng jdi hitam seperti rendang...huahahha*

dan setelah semua jadi, pas aku nyobain ikannya ternyata enak juga kok..tinggal nanti kalau masak ikan lagi..agak" dibersihkan dan engga dibolak-balik biar dagingnya engga hancur..
*nanti matanya aku copot aja deh, sblum digoreng..biar engga melotot*..

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

mood saiia

My Unkymood Punkymood (Unkymoods)